Tips dari Kak Seto Agar Anak Selalu Sehat dan Aktif

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto bagikan tips 'GEMBIRA' agar anak selalu sehat dan aktif. "Supaya sehat bagaimana caranya? Dengan prinsip 'GEMBIRA'," ungkapnya dalam Diskusi Publik Hari Anak Nasional Mewujudkan Lingkungan yang Sehat dan Aman untuk Anak di Jakarta, Selasa (16/8/2023). GEMBIRA adalah singkatan. G, berarti gerak.

"Jangan mager. Gerak itu olahraga, nyapu, apa pun itu gerak. Dengan bergerak darah mengalir lancar," kata Kak Seto. Lalu E, yaitu emosi cerdas. "Emosi cerdas boleh marah? Boleh marah. Tapi marah dengan anak tidak boleh membentak, jangan menutup pintu dengan keras. Tapi ungkapkan, 'sayang ayah marah. Marah dengan senyum, membelai kepala anak," tuturnya.

Politisi PDIP Nyamar Berobat di RS Pakai KTP Depok Tapi Ditolak, Janji Gratis Wakil Wali Kota Bohong Halaman 4 Kaesang Temui Puan, Pengamat Singgung Kemungkinan Persaingan Internal dalam Keluarga Jokowi Kepala Desa & Perangkat Desa Akan Dapat Tunjangan Purnatugas dalam Bentuk Uang

Vonis Kerugian Juventus Pecat Max Allegri, Jose Mourinho dari As Roma Beda Sikap, Ada Andil Conte Halaman 4 Zulhas & Airlangga Ungkap Alasan PAN & Golkar Dukung Prabowo dalam Pemilu 2024 Harga HP Samsung A73 5G Terbaru Desember 2023 Turun Ratusan Ribu, Spek Tinggi Series A Makin Murah Bangkapos.com

Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur, AY Pernah Ditolak karena Tak Bisa Tunjukkan Identitas Halaman 3 Dengan begitu anak akan bertanya apa yang menjadi penyebab orangtuanya marah. Orangtua pun harus belajar mengungkapkan alasan kenapa bisa marah.

Misalnya, ayah marah karena janji mau belajar, tidak ganggu adik dan lainnya. Ungkapkan dengan cara yang cerdas. Emosi memang bisa dikelola dengan cerdas. Selanjutnya M, adalah makan, minum teratur.

"Jadi waktu makan, sarapan, ya sarapan. Mungkin juga makan minum yang berkualitas. Telur, sayur, ada buah buahan dan sebagainya," jelas Kak Seto. Kemudian setelah itu B, yaitu bersyukur. "Dengan bersyukur, penuh terimakasih pada Tuhan maha kuasa, maka merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan tidak gampang ngambek," jelas kak Seto.

Termasuk beribadah, berdoa, bahagia dan sebagainya. Berikutnya I adalah istirahat. Anak juga perlu istirahat. Termasuk istirahat tidur siang. Jangan mau tidur malah diomelin. Anak stres semua. Akhirnya menjadi pembelajar, mudah marah, menghujat, meneror dan sebagainya," tutur kak Seto.

Adalah rukun dalam keluarga. Penuh kemesraan, termasuk orangtua, juga harus rukun. "Jangan sama anak mesra, sama pasangan saling menghujat, akhirnya suasana bekronflik. Termasuk ramah pada umat, keluarga dan sebagainya," tegas kak Seto. Terakhir adalah A adalah atau tetap aktif.

"Aktif belajar. Buat ayah bunda adalah aktif berkarya. Berkarya sebagai ayah bunda, sahabat anak, sebagai direktur anak, menteri sahabat ana, dan sebagainya," tutup kak Seto. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *