Upaya Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat serta Bangsa

Berikut kunci jawaban PKN kelas 11 SMA halaman 204. Soal pada halaman 204 buku PKN membahas Uji Kompetensi Bab 6 tentang Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebelum menengok kunci jawaban PKN kelas 11 halaman 204, diharapkan siswa mengerjakan soal secara mandiri.

Kunci jawaban PKN kelas 11 ini diperuntukkan bagi orang tua untuk memandu proses belajar anak. Berikut ini kunci jawaban buku PKN kelas 11 halaman 204: 30 Contoh Soal UAS, PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 K13, Lengkap dengan Kunci Jawaban Halaman 4

Soal & Kunci Jawaban PKN Kelas 11 SMA Halaman 204 Bab 6 : Memperkukuh Persatuan dan Kesatuan Bangsa Ini Tampang Yola, Suka Belanja Barang Branded Usai Resign Kerja, Ortu : Ngamuk Bila Tak Dituruti Halaman 3 Reaktif Covid 19 Setelah Jalani Rapid Tes Antigen, Sejumlah Pengungsi Dirujuk ke Wisma Atlet Wartakotalive.com

KUNCI JAWABAN PKN Kelas 11 SMA Uji Kompetensi Bab 6 Halaman 204, Apa Makna Wawasan Nusantara? IDF Rilis 11 Foto Pemimpin Senior Hamas Kumpul di Terowongan, 5 di Antaranya telah Terbunuh Halaman 3 Jawaban: Arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia yakni menjamin kebebasan warga negara dalam demokrasi Pancasila, sebagai sumber semangat nasionalisme, wawasan nusantara.

Selain itu, salah satu makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah kesadaran Bhinneka Tunggal Ika dan dalam rangka mewujudkan cita cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jawaban: Makna Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Wawansan Nusantara dilaksanakan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Jawaban: Perwujudan prinsip kesatuan dalam konteks kehidupan sosial bisa dilakukan dengantidak membeda bedakan orang. Hal tersebut dilakukan dengan bersedia berteman atau bergaul dengan siapa saja, tanpa memandang suku, agama, ras, maupun budayanya. Jawaban: Berikut ini beberapa keunggulan bangsa Indonesia.

Memiliki wilayah yang luas dan subur Memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang menyatukan bangsa Jumlah dan potensi penduduk yang besar

Letak wilayah yang strategis Bahan tambang yang melimpah Memiliki keindahan alam

Memiliki tata krama Jawaban: Menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia

Menggunakan produk dalam negeri Mengamalkan Pancasila Belajar dengan giat

Menjaga dan tidak merusak fasilitas umum Bangga ketika mengenakan batik atau pakaian adat Indonesia Jawaban: Hal hal atau faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda, Pancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara faktor yang memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di antaranya sebagai berikut: Kebhinnekaan/keberagaman pada masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan munculnya perbedaan pendapat, tumbuhnya perasaan kedaerahan yang berlebihan hingga memicu terjadinya konflik antardaerah atau antarsuku bangsa. Wilayah geografis Indonesia yang terdiri dari pulau pulau dapat memperlemah persatuan dan kesatuan bangsa apabila ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil hasil pembangunan masih belum dapat diatasi.

Munculnya gejala etnosentrisme, yakni sikap menonjolkan kelebihan kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain. Melemahnya nilai budaya bangsa akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Pembangunan yang tidak merata atau terpusat di wilayah wilayah tertentu dapat menimbulkan kesenjangan dalam berbagai bidang.

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya. Berikut upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan yang dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) kelas 7. RAMALAN ZODIAK Minggu Ini 11 17 Desember 2023 Cek Pesan untuk Gemini Scorpio Virgo Aries Libra Leo Halaman 4

Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini, Minggu 10 Desember 2023: Leo Harmonis, Virgo Hindari Sikap Egois Relawan Ganjar Bersama Santri Gelar Salawat Serta Doa Bersama Demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa Jalur Kilat Elkan Baggott Gabung Crystal Palace, Semuanya Bergantung Pelatih Ipswich Town Halaman all

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Desember 2023 di Toko Resmi, Cek Ponsel yang Turun Harga Strategi Israel Bombardir Rata Tanah Gaza Malah Jadi Bumerang: Hamas Justru Makin Kuat Halaman 3 Banyak keluarga mempertahankan persatuan dan kesatuan dengan berbagai macam cara di antaranya:

Selalu berusaha untuk beribadah bersama sama. Tidak pernah marah atau mengucapkan kata kasar satu sama lain. Saling bantu untuk menjalankan tugas keluarga sehari hari.

Meluangkan waktu untuk berekreasi bersama seperti mengunjungi taman atau tempat wisata alam lain, juga silaturahmi antarkeluarga. Bersikap mandiri, tekun beribadah, rajin belajar, serta hormat pada orang tua dan mencintai saudara akan menguatkan persatuan dan kesatuan keluarga. Menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah tentu harus dilakukan dengan sejumlah upaya berikut ini:

Mengikuti semua peraturan yang telah ditetapkan. Tertib, disiplin, serta bersikap aktif dalam mengikuti proses pembelajaran menjadi salah satu kuncinya. Membangun lingkungan fisik dan sosial secara baik juga diperlukan untuk mempertahankan dan menguatkan persatuan dan kesatuan tersebut.

Membangun lingkungan fisik yang baik antara lain dilakukan dengan menjaga kebersihan. Ikut serta menata dan menghias kelas maupun bangunan dan halaman sekolah. Membangun lingkungan sosial yang baik dilakukan dengan mengikuti kegiatan kegiatan pelajar.

Aktif bergaul dengan semua kalangan siswa tanpa membeda bedakan satu sama lain. Menghindari dan bahkan mencegah kekerasan antarsiswa baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal atau lisan yang merendahkan siswa lain. Menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dilakukan dengan beragam upaya sebagai berikut:

Mematuhi norma norma yang berlaku di masyarakat tersebut. Bergaul dan terlibat dalam aktivitas lingkungan tetangga, ikut serta di komunitas keagamaan, hingga aktif di komunitasi hobi masing masing akan membantu menjaga persatuan dan kesatuan tersebut. Kepedulian untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan juga diperlukan untuk hal ini.

Demikian juga kesadaran untuk senantiasa menjaga kedamaian dengan menghindari dan mencegah kekerasan fisik maupun lisan di masyarakat. Ketaatan pada hukum dan peraturan yang berlaku merupakan kunci untuk mempertahankan dan menguatkan persatuan dan kesatuan. Hanya dengan ketaatan pada hukum dan peraturan, pilar utama bangsa dan negara yang berupa keadilan dapat ditegakkan.

Tanpa ketaatan pada hukum, perpecahan bangsa dan negara akan mudah terjadi. Sejalan dengan hal itu, juga perlu ditumbuhkan kesadaran khusus untuk menghargai semua kalangan masyarakat dengan tidak membeda bedakan latar belakangnya. Semua orang punya hal yang sama sebagai warga negara.

Menjauhi segala bentuk kekerasan fisik maupun verbal harus dijaga dengan sungguh sungguh. Demikian pula usaha untuk mencegah penyebaran berita palsu atau bohong yang disebut hoax. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *